Sabtu, 2/10/2010, kebetulan schedule di kantor lg off, jadi saya memutuskan untuk merepair motor kesayangan dan satu-satunya, Honda Supra X 2002. apa sih yang mau saya repair ke motor supra ini?
jawab : stel velg jari-jari.
why? jawab : stel velg jari-jari.
well begini, berhubung ni motor sekarang jadi kendaraan operasional untuk ke kantor, dan medan perjalanan walaupun di ibukota, tapi banyak lubangnya, jadi yah..diputuskan untuk setel ulang velg jari-jarinya. Biar lebih stabil dalam berkendara.Emang sih, rute awal si supra cuman dari cipayung (jaktim, my home) - hr rasuna said (Jaksel), rutenya cuman 22 km sekali jalan. tp dalam kenyataannya, banyak lubang juga di jalanan ibukota ini...(sigh...)
Dan terhitung per tgl 26 September 2010 kmrn, lokasi kantor, tempat saya nyari biaya modif (halah, bahasanya...hihihi), akhirnya pindah juga...mana lumayan jauh juga dari rumah. lokasinya pindah ke BSD. Wuih..cukup kebayang jauhnya...iseng trip meterin dr si supra, untuk skali jalan, jaraknya 40 km...( Lho, kok malah jadi curhat jarak ngantor-rumah? hihihi...)
But thats ok, selama masih mampu dan sanggup, jalanin aja dulu. Nah, karena si Supra jadinya rute AKAP (Jakarta - Tangerang, Banten), jadi semakin manteplah hati ini untuk setel ulang velg jari-jarinya. Rute yg ditempuh juga agak parah, malah lebih banyak lubang dan jalan gelombangnya.
Kebetulan nggak jauh dari rumah, ada bengkel stel jari-jari. Sebenarnya ni bengkel dah jadi langganan sejak saya punya ni motor, tapi baru bisa kasih reportnya sekarang..hehehe...
Sampe disana, kebetulan cuman satu ada motor pasien lain, yo weis, order, dan langsung ditanganin deh.
Dimulai dari pelepasan roda dari motornya. Terlihat sekali si mekanik ini sudah sangat biasa banget nanganin motor sejuta umat ini. nggak sampe 10 menit, roda depan dan belakang lepas dengan sempurna dari motornya.
Sebelumnya dia sempet muterin dulu rodanya, saat masih di motor. (entah, maksudnya apa yah, sekadar mengecek, tahu cuman iseng doang? hmm...)
Nah, inilah penampakan bengkelnya. Kecil, bengkel rumahan, memanfaatkan halaman depan rumahnya untuk parikiran motornya, dan sebagian kecil ruangan utk tempat perkakasnya. Di foto ini sepertinya ownernya deh (maklum, saya kurang terlalu kenal juga, karena dia type jarang bicara)
Lokasi dari rumah Cipayung, jalan ke arah Ciracas, setelah pom bensin 'terowongan", adanya di sebelah kiri. Kalau udah sampe daerah warung atas, berarti udah kelewat.
Nah inilah penampakan si Supra, setelah kedua rodanya dicopot, dari tempat pengabdiannya.
Gimana? masih tampak terawat khan? hehehe... (baru abis dicuci soalnya...)
Klo liat gambar ini, jadi malah kepikiran nih, kalo ganti velg palang gimana yah? keren nggak yah? berapa harga velg palangnya yah? apa sekalian aja pasang cakram belakang? atau, ganti motor ajah yang punya velg palang dari pabriknya?
heemm... ^_^ (mudah-mudahan sebentar lagi terwujud...amiinn...)
Nah, inilah proses utk menyetel velg jari-jarinya. mereka pake alat khusus, dan perlu skill khusus juga. Saya coba utk perhatiin, rada ribet juga untuk orang awam kayak saya. Gimana enggak, selain feeling, perlu juga kecermatan amta untuk melihat posisi velg, apakah peyang, atau nggak, dan proses pengencangan jari-jarinya juga nggak boleh sekedar diputer untuk dikencangkan, karena terlalu kencang, juga bikin posisi velg seperti "tertarik" ke satu arah
Kalau ada yang nggak pas, diputer lagi, dan di kencangkan salah satu sisi jari-jarinya. Malah kadang kalau posisi velg udah agak peyang, diberi tanda posisi peyangnya, lalu velg diturunin lagi dari alatnya, terus digetok pake kayu, untuk meluruskan kondisi velgnya...hemmm... velg ini ada sekitar 5 kali utntuk di getok ulang, biar lurus lagi...
Dalam proses penyetelan ini, dari awal roda turun, setel, sampai naik lagi, prosesnya sekitar setengah jam saja. Dan ternyata, velg si Supra, udah rada peyang, tapi masih bisa di getok dan dikencengin lagi..dan untungnya, kondisi laher rodanya, baik untuk depan dan belakang, belom kena, dan belum oblak... jadi, masih aman deh...
pesan si montir, untuk cek paling nggak setiap dua bulan penggunaan..apalagi untuk rute AKAP, kemungkinan bisa lebih sering...hemm..ok dah, nanti dipertimbangkan..hehehe...
Total biaya yang dikeluarkan untuk service dan setel velg ini, adalah IDR 40K. Cukup Worthed lah, untuk saya. Kalau saya dibayarin IDR 40K, untuk setel sendiri, juga nggak bakalan bisa..hehehe... Terbukti, saat dipake road test ke kantor ke BSD, jalannya jadi lebih enak (walaupun nggak seenak sewaktu motornya masih baru dari showroom....hehehe...)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar