Sabtu, 12 Maret 2016

Sol Sepatu baru untuk si Melon



Hello oto lovers....nggak terasa, sejak 2006 sampai 2010, si Melon (Sebutan untuk Avanza G vvti 2006 warna hijau muda) sudah menjelajah ke berbagai tempat. Yup, sedikit flash back, dikarenakan waktu itu tahun 2010 gue rada nggak apdet di blog. Kalo nggak salah km di odometer sudah mencapai 60 ribuan km.  

Gundulnya ban lama

Berawal saat setiap melakukan perjalanan bersama si Melon, jika melindas garis kejut, garis batas bahu jalan tol, atau retakan aspal, mobil berasa sedikit bergerak ke kanan atau ke kiri. Hmm..rada aneh memang…karena saat terakhir spooring tidak ditemukan tanda tanda balljoint atau tie rod dah oblak.

Ketika sudah di rumah, secara nggak sengaja, waktu gue lagi duduk di lantai garasi,  gue melihat ke arah alas kaki si Melon ini... Begitu diperhatikan lebih detail, gue ngerasa ada yang aneh sama bentuk ban yang dipakai se Melon ini. Yup, Ban Dunlop Sp 10, 185/70/R14 terlihat sudah menipis tapak bannya. Ban yang sudah menemani sejak keluar dari dealer A2K di tahun 2006 lalu, kini sudah mulai rata gripnya. Memang sekilas nggak terlihat, karena bagian sisi bahu ban, masih ada batik / grip nya. Kejadian ini di tahun 2010 lalu. Jadi udah cukup lama juga pemakaiannya.

 

Ini dia Ban Dunlop SP 10 nya. Terlihat emang dari gripnya di samping masih tebal. Tapi permukaannya? udah kayak ban semi slick...hahaha.... Kalo ban serep terlihat disana emang masih tebal gripnya, karena jarang pakai, dan gue nggak bisa jadikan ban utama. Kenapa? karena udah ditambal dua kali, dan tambalan kedua di lubang yang sama, dan bocor juga. Sehingga gue akalin aja pake ban dalem dulu.



Dan gue liat semua bannya juga sama, bisa dibilang kondisi kembangnya tinggal +/- 35% ! Wow! Rada kaget juga gue waktu itu. Bisa dibilang sejak gawe, gue memang jadi agak malas dan jarang untuk mencuci mobil sendiri. Jadi rada nggak terlalu “ngeh” melihat kondisi bannya. Tapi ada yang gue syukuri juga, keempat bannya habis tapak dengan kondisi rata dan sempurna, tidak ada benjol atau gelombang pada tapak ban. Mungkin ini hasil dari gue melakukan spooring secara berkala selama pemakaian. Dan untunglah, masih ketahuan saat belum melakukan perjalanan jauh.

Yo weis, teringat pesan Almarhum Ayah, bahwa jangan main main dengan kondisi ban, Akhirnya gue memutuskan untuk membeli sol sepatu baru buat si Melon. Tentu saja hal ini gue lakukan setelah lihat isi rekening dulu, hihihi....

Oke, setelah dipastikan isi rekening ada dan gue rasa cukup, gue pun mulai berpikir. Apa yang gue pikirkan? Nah, nggak lain dan nggak bukan adalah, sol sepatu baru merk apa yang akan gue beli? Apakah akan gue samain seperti yang terpasang sekarang, Dunlop SP 10? Atau dengan merk lain? Nah disinilah pikiran gue berkecamuk lagi, hingga terbawa saat menjelang tidur.

Kembali teringat saat Almarhum Ayah dulu ketika hendak beli ban untuk si Merah (Ford Laser GL 1989 eks taksi), ketika keluar masuk toko, selalu ditanyakan adalah merk Bridgestone. Dan memang Ayah dulu sangat suka sekali merk ini, dengan alasan produknya bagus, dan digunakan di semua mobil proyek di tempat lokasi site kerja Alm Ayah juga. Bahkan menurut Paman saya, katanya bahkan sejak Alm. Ayah masih menggunakan Toyota FJ (Hardtop) di tahun 1985-1987, Kemudian Kijang Rover di tahun 1987-1997, Dan Ford Laser di tahun 1997-2006, Ban yang digunakan selalu merk Bridgestone. Kenapa gue tahu? Karena dulu gue pernah ikut mengantar Alm. Ayah kelilingan seputaran Jl. Otista, Jaktim. waktu mau beli ban buat si Merah.

Nah, atas dasar inilah, gue mulai hunting ban dengan merk ini. Setelah browsing sana sini, tanya rekan di Komunitas AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club) dan saran dari teman teman lain, didapatlah Bridgestone B250 sebagai referensi ban pengganti. Yup. Salah satu alasannya, type B250 ini adalah bawaan dari dealer selain merk Dunlop SP10 ini. Jadi cukup pas lah alasannya. Dan menurut info teman teman juga, harga yag ditawarkan juga masih masuk akal.

Nah kegalauan berikut kembali mendera. Jika gue ganti ban dengan B250, jika hanya beli 2 ban, maka akan terlihat belang nantinya. Prinsip ini sangat bertentangan dengan gue yang selalu ingin tampil perfect...hehehe (lebay dikit aah). Lain cerita kalo gue emang pengen ganti lagi pake Dunlop, ganti 2 ban dulu pun nggak apa apa. Akhirnya kembali gue lihat isi rekening...hemm..mudah mudahan masih bisa deh menebus si B250 ini. Dan akhirnya bulatkan tekad, niat dan nekat (karena dengan resiko isi rekening berubah banyak, hihihi), akhirnya gue mantab pilih Bridgestone B250.

Cari Referensi

Nah, setelah hati mantab memilih, langkah berikutnya adalah hunting. Yup, gue mulai cek harga dulu. Mulai dari internet, tanya teman di komunitas AXIC, bahkan iseng blusukan keluar masuk toko ban, guna mencari tahu harga yang kompetitif.

Hati sempat gundah gulana, karena beberapa toko yang dikunjungi mematok harga yang cukup fantastis menurut gue waktu itu. Mulai dari area Otista Jakarta Timur, sampai ke area Kalimalang mentok ke Jati asih, hingga finish di Cibubur jalan raya bogor. – Phew, i/ll do it riding with Vinny, My Red V-ixion 2010-  Mereka rata rata juga menawarkan alternatif ban merk X atau Y, dengan alasan harga yang lebih murah. Namun hati ini tetap mantab memilih Bridgestone. (Nggak usah disebutin lah ya, merk X dan Y itu apa, karena kalo ke toko ban nanyain Bridgestone, dan muka ente berubah raut mukanya setelah denger harganya, pasti lah ditawarin ban merk X dan Y ini. Cobain deh kalo nggak percaya.)

Saat sedang kondisi bingung seperti itu, gue pun datang ke tempat sohib karib gue, Bayu namanya. Yup, teman dari kecil dalam satu komplek rumah Ibu, dengan kondisi beda RT saja. Saat sedang presentasi hasil hunting gue, Dia hanya menanyakan satu hal, “lu sudah coba cek ke tempat Acho depok belum?”

Astaga! Ternyata gue belum cek ke sana sodara sodara!

Oke, FYI, Acho ini adalah nama penjual ban baru di bilangan jalan Margonda Raya dekat dengan pertigaan lampu merah H.Juanda depok. Tokonya berada di jalur ke arah Jakarta dari depok, satu baris dengan Hotel Bumi Wiyata, dengan nama tokonya Linggar raya ban. Nah, dia ini adalah langganannya si Bayu sohib gue, sejak masih SMA. Yup, karena dulu temen gue ini kalo beli ban, pasti ngajak gue ke sana.  Karena si Bayu kalo beli ban sendiri, beda dengan jaman si Merah, Ayah ada langganan sendiri (tapi gue nggak sreg untuk tanya ke tempat langganan Ayah dulu). Dan di tempat Acho ini, lebih flexible dalam pembelian ban, sekaligus konsultasi juga. Intinya asik aja deh kalo ke sini.


Finally, a new tyre!

Dan, mulailah perjalanan gue ini menuju ke barat...eh salah...(emang gue sun go kong yang nemenin biksu Thong mencari kitab suci??), maksudnya ke Depok. Dalam proses pembelian ban ini, gue sengaja mengajak Ibu dan Adek gue, biar mereke nggak BT berada di rumah. Yaa itung itung sekalian jalan jalan deh. Setelah mampir ke atm, meluncurlah gue ke depok.

 

Melon sudah parkir di toko nya Acho, Linggar Raya Ban, Margonda, Depok.


Dan sampailah gue di lokasi, dan langsung lah gue ngobrol kiri kanan dengan sang owner nya,
Acho (A). Gue (G)

A : “Woii..apa kabar? Lama nggak kesini nih?”, sambutnya.

G : “Alhamdulilah baik. Gimana bisnis? Lancar?”, tanya gue.

A : “Alhamdulilah bro...gimana..gimana..., ada yang bisa gue bantu?”

G : “Ada bro, gue mau ganti ban nih. Minta merk Bridgestone B250 yak? Lu ada kan stoknya?”

A : “Ooh tenang, gue ada kok. Tapi beneran nih lu mau itu ban? Harga lumayan loh? Nggak coba merk X atau Y aja?  Kualitas sama, harga bisa lebih murah”

G : “Aah males mas bro..lagian di tempat lain gue ditawarin 2 merk itu mulu...nggak sreg juga gue sama dua merk itu...udeh, gimana, ada nggak tu B250? Lu kasih harga berapa nih ke gue?”

A : “Wow..lu dah tanya kemana aja? Trus dikasih harga berapa lu tuh B250?”

G : “ Gue udah ke toko A, B di otista, C, D di Kalimalang, E di Jatiasih, F di Cibubur. Mereka sama kasih harga yaitu 5xx.xxx per satuan ke gue bro. Gimana? Gue ada penawaran harga spesial nggak disini? Inget, gue ke sini dah dari jaman SMA loh sama temen gue si Bayu...”, kata gue. (Disini harga gue kasih xxx, karena gue rada lupa nominal pastinya saat itu..maklum, udah dari 2010)

A : “Ok, bentar yaah...”

Si Acho pun terdiam. Tampak dia sedang berpikir, sambil memasukkan angka angka ke kalkulatornya dan membolak balik buku price list nya. Finally....

A : “Oke bro, sebenernya gue juga kasih harga yang sama ke elu buat harga B250 ini, karena itu emang udah harga umum”

G : “Laah, kalo harganya sama, percuma dong gue kemari mas bro?”

A : “Tenaaang....gue karena sama temen lama aja nih...gue kasih segini deh..”

Si Acho akhirnya menekan angka di kalkulatornya, harga tertera adalah harga satuan, dan nominalnya turun kurang lebih 60 ribu per satuannya dari yang gue sebutin tadi.

A : “Ini dah gue kasih mentok yah bro. Harga dah gue kasih free Nitrogen, balance, sama gue kasih pentil ban yang besi deh (pentil yang bagus). Kalo di tempat lain, Nitrogen masih kena charge loh…di gue free aja deh buat langganan

G : “Nggak bisa kurang lagi mas bro?”, tetep gue coba nawar, hehehe...

A : “Gini aja deh, kalo lu nemu B250 ini di tempat lain, dan harga lebih murah dari yang gue kasih dan lu beli di sana, gak pa pa. Terus lu kemari aja, bawa bonnya, nanti gue bayar selisihnya, gimana?”

(Wew..malah ditantang balik nih gue..hahaha...)

G : “Hahaha...serem aja mas bro tantangannya...udeh gue percaya deh sama elu”

A : “Hehehe..kan biar sama sama enak bro..gimana? jadi ambil di gua apa di tempat lain?”

G : “Okelah, Gue ambil sama elu ajah. Gue beli 4 pcs yah”

A : “Siip..thank you..bentar yak, gue ambilin dulu bannya”

Setelah itu, si Acho pun memanggil crew nya untuk ambil ban, dan menyuruh crew yang lain untuk melakukan eksekusi Ban kepada si Melon. Sambil menunggu, gue jepret jepret apa aja yang bisa gue jepret (halah)



 

 penampakan dalam toko....



 

 Sebagian koleksi dagangannya Acho diluar.... harga masih bersahabat kok.




Mulai dilepas satu-satu..... oh ya di depan si Melon itu adalah ban yang sempat ditawarkan ke gue sebagai alternatifnya loh...hihihi....


 

Daann...Finally.... Terpasang juga nih Bridgestone B250. Labelnya emang gue minta jangan dilepas dulu, karena pengen gue foto dulu...hihihi... (norak ya gue?)


 

Naah cakeep daah gripnya...hihihi....
Setelah foto fotoin ini, akhirnya gue sendiri yang ngelepas label ban yang masih menempel. Hati hati gue lepasinnya, karena mau gue tempel di toolboxnya si Melon, di bagasi belakang. Sekedar kenangan aja, Bukti kalo gue beli ban ini dari baru...hehehe...(norak lagi deh). Kalo ban selanjutnya, langsung dilepasin sama crew nya si Acho.

Setelah semua terpasang dan gue lakukan pembayaran, selanjutkan gue mulai perjalanan pulang. Sebelumnya mampir dulu ke Detos untuk makan.  Alhamdulillah, selain masih ada rejeki untuk beli Ban Baru 4 pieces, gue juga masih bisa Entertain Ibu sama adek juga, jalan jalan ke Mall...sekalian makan makan…biasa, ritual tiap bulan.

Mungkin pada bertanya, kenapa gue tetep kekeuh ganti ban 4 pieces langsung? Nah dari gue sendiri ada beberapa alasan, yaitu :

Pertama, Si Melon dibeli dari baru. Guna menjaga durabilitas, stabiltas, keamanan dan kenyamanan berkendara, gue memilih untuk tetep beli 4 ban langsung. Dulu jaman pake Ford Laser, Alm. Ayah pernah beli ban 2 dulu, namun hasilnya tidak maksimal. Meskipun dua ban berikutnya dibeli sebulan kemudian, namun tetap tidak maksimal. Apalagi jika merk dan type yang digunakan berbeda dengan yang baru.

Kedua, wujud tanggung jawab gue kepada Ibu. Yah, era 2007-2009 gue sering bolak balik Jakarta –Bandung, yang bikin ban jadi cepet habis juga.

Ketiga, gue nggak suka tampilan ban belang (jujur), dan apalagi belang karena beda merk dan type. Kalo masih satu merk dan type masih bisa kompromi lah. Lagi pula saat itu kondisi keempat ban, habisnya rata. Jadi sekalian aja ganti.

First Impression saat perjalanan pulang adalah, saat jalan makin stabil, berasa lebih nyaman, handling lebih baik. Mungkin karena keempatnya ban baru kali ya? Jadi berasa mobil baru lagi..hahay..

 

 Foto saat ban baru sudah terpasang. Sorry rada nggak jelas...maklum cuman pake kamera HP BB 9650 (padahal udah dibantu editing loh)



Result Using Bridgestone B250 185/70 R14

Pemakaian 2 Oktober 2010 – 19 Juli 2014

Km pakai : 6x.xxx sampai 11x.xxx (gue lupa nggak sempet dokumentasiin)

Saat pemakan kondisi handling lebih baik, grip juga lebih baik dibandingkan Dunlop Sp 10. Sayang, Kondisi tapak habisnya tidak merata, sempat dikarenakan kondisi shock breaker depan dan belakang yang sudah melemah kekuatannya. Setelah ganti shockbreaker dan rotasi ban, sedikit lebih baik. Namun tetap tidak bisa membuat tapak ban kembali rata habisnya.

Efek ban yang tapaknya habis tidak rata ini, membuat si melon jika berkendara ada bunyi dengung, dan sempat dikira laher roda sudah lemah. Akhirnya cek laher roda depan harus ganti (akan gue tulis tersendiri), dan cek laher belakang ok, dan coba cek tapak ban.

Cara cek tapak tidak rata ini, awalnya tapak ban dibersihkan pake air, lalu jalankan ban di aspal. Setelah itu perhatikan tapaknya. Tapak yang masih bersih, tidak ada debu aspal, dipastikan tapak itu tidak menempel ke aspal, sehingga dipastikan tapak ban posisinya sudah tidak rata, dan membuat efek berisik saat berkendara.

Dan efeknya, gue harus ganti ban 4 piece lagi, biar nggak berisik. Sebenarnya sayang, karena dari batik grip tapaknya, B250 ini belum terlalu habis. Masih ada +/- 50 % lagi. Termasuk awet ini ban. Persis seperti pendahuluya, yaitu Bridgestone Turbo 337.

Trus, gantinya apa dong? Hahaha…stay tune aja dimari...pasti gue tulis kok disini....



cheers...






















































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar