Sabtu, 14 Mei 2016

Ganti Gearset Vixion 2010

Hello oto lovers..... Riding naik motor itu menyenangkan... Tapi semakin sering riding, juga harus diperhatikan sisi maintenance nya. Salah satunya adalah penggantian Gearset, sebagai penyalur tenaga dari mesin motor.


Hal ini gue alamin waktu Bulan Januari 2014 lalu. Dimana saat lagi enak enaknya Riding bersama si Vinny ( Vixion 2010 ), terdengar suara krecek krecek dari arah rantai. Gue coba cek sih memang setelan rantai udah kendor. Tapi yang lebih mengejutkan lagi adalah, setelan rantai nya sudah mau mentok! Alamak...ini mah kudu ganti gearset sodara sodara !



Tuh kan? Kelihatan setelannya udah mentok? Wadaow...duit lagi ini mah...huhuhuhu... (lebay dah)

Yah, namanya motor dipake riding terus, pasti lah ada parts yang kudu di ganti juga. Dan saat weekend, gue sempatkan untuk hunting Gearset untuk si Vinny. Di hari sabtu, gue coba ke bengkel resmi Yamaha, di dekat jalan Pengantin ali jaktim. Namun disana gue kecewa. Kenapa? Karena gearset untuk Vixion sedang kosong sodara sodara! Wah rada aneh juga...masak bengkel resmi sampe nggak ada stok Gearset sih? Ckckck.... emang sih bengkel resminya kecil, tapi masak iya nggak stok gear set sih? (masih nggak percaya)

Ya udah, karena nggak ada, mau nggak mau gue coba hunting di toko lain. Ada satu toko yang cukup lengkap di dekat dari bengkel resmi ini, namanya “Antik Motor”. Sorry bukan iklan, tapi just info saja, mungkin ada yang perlu parts selain di bengkel resmi bisa cari disini.

Yup, karena bukan di bengkel resmi, dan gue beli parts original, wajarlah kalo harganya sedikit lebih tinggi. Tapi nggak apa apa, karena gue emang lagi butuh parts ini. Berbekal pengalaman waktu motor si Bayu (Vixion juga) waktu ganti gearset, sekalian aja gue beli parts pendukung yang lain. Maksudnya sih sekalian bongkar, hehehe....
Untuk harga gearset nya, sedikit lebih malah sekitar Rp. 15 – 25 Ribu dari harga di bengkel resmi. Trus apa aja yang gue beli? Ini dia.......






Nah, sekarang mari kita lihat satu-satu yuuuk.....


Inilah gearset ori dari Yamaha untuk type Vixion. Isinya adalah Rantai, Gear depan dan belakang.





Naah ini kode partsnya...silahkan mungkin ada yang lagi cari referensi kodenya....





Selain ganti gearset, gue juga ganti kampas rem juga.






Agak sedikit heran, karena kodennya bukan 3C1, seperti parts Vixion yg lain. Tapi kata yang jual ini sebenarnya punya Scorpio, tapi bisa dipasang di Vixion, karena bentuk dan ukurannya sama.






Berikut nya adalah damper teromol, atau bahasa bekennya karet teromol. Karena sekalian turun ban, dan bongkar teromol jadi sekalian deh gue ganti juga.




Ini dia kode parts karet teromol Vixion. Monggo.....



Okey, kelar tiga parts ini udah dibeli, meluncurlah gue ke bengkel langganan sejak dari jaman masih pake Honda Supra dulu. Yup, inilah dia bengkelnya...



Yup inilah bengkelnya. Sebuah bengkel pinggir jalan yang sederhana. Terletak di jalan raya hankam-Cipayung. Tapi bagus hasil kerja nya dan bisa diajak berdiskusi untuk ke depannya parts apa yang perlu diganti. Nggak hanya itu, bengkel ini juga bisa mengakali parts jika masih bisa di akali. Jadi nggak perlu langsung beli.






Ini bagian dalemnya. Oh ya, bengkel ini nggak ada plang nama atau spanduk nama nya. Dulu namanya pernah ada di depan, yaitu TOMS Motor. Tapi sekarang sudah nggak ada. Dan yang ada di foto itu adalah sang owner, namanya Bang Deni. Kalo lagi nggak sibuk, biasanya Bang Deni ini yang turun langsung nanganin motor gue. Tapi karena dia lagi nanganin motor pelanggan lain, jadinya motor gue ditanganin sama salah seorang crew nya. Gue lupa sih namanya, hehehe...



Nah Mulailah pekerjaan ganti gearset ini. Pertama, copot dulu roda belakangnya.


Nah, roda sudah lepas. Karena Rantai Vixion itu satu kesatuan (tidak disambung), jadi untuk pasang rantainya, kudu turun arm dulu...




Nah, baut yang ada di Deltabox ini harus dilepas, agar arm turun, dan rantai bisa dipasang. Ada untungnya model rantai utuh seperti ini. Yaitu, kecil kemungkinan rantai putus saat jalan, akibat setelan rantai terlalu kencang.


 

Tuuh..dah mulai dibuka baut armnya....






Nah, itu ujung baut armnya sudah hilang....




Ini dia roda yang udah lepas. Terlihat disana karet teromol yang akan diganti. Efek saat penggantian ini adalah meminimalkan jeda kosong saat akan berakselerasi.



Ini dia laher roda Vixion. Silahkan di catat buat yang perlu kode lahernya....



Okey, singkatnya semua perangkat tadi sudah terpasang. Dan inilah hasilnya......


 

Inilah setelan rantai kembali normal, bukti sudah ganti gearset.

Sekedar info, dengan alasan safety, gue sarankan untuk tidak dilakukan potong rantai dan sambung lagi. Memang hal ini lebih irit, namun hal ini beresiko mengingat tenaga hentakan dari mesin 150 cc ini cukup lumayan terasa. Untuk gear set waktu itu gue beli +/- Rp. 360.000 ribuan (harga 2014).

Setelah ganti 3 parts tadi, terasa sekali perbedaannya, yaitu akselerasi yang lebih nyaman, dan proses pengereman yang pakem juga. Jadi menambah safety dalam berkendara. Kalo untuk biaya pasang sih dibawah 100.000, tapi diatas 50.000...hehehe...

Yuuk cek kondisi Gearset Vivion mu! 


































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar